Cara Riset Keyword Menggunakan Google Trends

Cara Riset Keyword Menggunakan Google Trend
Cara Riset Keyword Menggunakan Google Trend
GoSEO.id - Google trends merupakan tools yang dimanfaatkan untuk mengetahui statistik pengguna internet tentang apa yang dicari. Pada tahun 2020 ini, google trends bukan hanya digunakan oleh marketing online, melainkan juga digunakan oleh para blogger untuk mendapatkan trafik dengan keyword yang diperoleh.

Maka dari itu kita akan memanfaatkan dan mempelajari "Cara Riset Keyword Menggunakan Google Trends" agar blog berada pada page one dengan keyword yang akan kita gunakan.


Cara Riset Keyword Menggunakan Google Trends

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas strategi riset keyword agar blog kita berada dalam halaman utama google pencarian.

Yang akan kita coba / lakukan adalah dengan riset edit photo.

Kembali ke List TOC



1. Dasar Google Trends

Setiap data dibagi dengan total pencarian, yang setiap pencarian digambarkan dengan geografi dan dihitung dalam rentang waktu yang dapat kita tentukan sendiri.

Google Trends
Klik Gambar Untuk Memperbesar

Sangat relatif bila membandingkan popularitas keyword menggunakan Google Trends, untuk pencarian paling banyak selalu berada di peringkat paling tinggi.

Dari angka peringkat yang dihasilkan, angka 0 sampai dengan 100 merupakan proporsi dari semua topik yang dicari.
Kembali ke List TOC



2. Membandingkan Matriks Pencarian

Pada tahap kedua ini kita akan meriset kata yang akan kamu jadikan keyword. Maka dari itu pastikan kamu sudah memiliki keyword utama yang akan kamu jadikan postingan.

Google Trends
Klik Gambar Untuk Memperbesar

Pada gambar diatas menunjukkan bahwa edit foto memiliki matrik lebih banyak dibandingkan edit video. Dari gambar tersebut saya yakin kamu pasti sudah tahu kata mana yang lebih baik dijadikan keyword dalam postingan kamu.

Kembali ke List TOC



3. Riset Berdasarkan Mesin Pencari

Google Trends
Klik Gambar Untuk Memperbesar
Untuk mengoptimasi keyword yang kamu miliki, silahkan pilih pada bagian mana seperti gambar tersebut yang akan kamu gunakan :
  • Web Search (difokuskan untuk mesin pencari)
  • Image Search (difokuskan untuk pencarian gambar)
  • News Search (difokuskan untuk pencarian berita)
  • Google Shopping (difokuskan untuk belanja)
  • Youtube Search (difokuskan untuk pencarian youtube)
Pada kali ini GoSEO.id memilih Web Search, yang artinya GoSEO.id mengincar target pada mesin pencari google atau penelusuran google web.

Sedangkan untuk marketing silahkan pilih google shopping yang tujuannya untuk menargetkan keyword yang kamu miliki berada pada bagian atas Google Shop.
Google Trends
Klik Gambar Untuk Memperbesar
Kembali ke List TOC



4. Riset Berdasarkan Kategori

Google Trends

Klik Gambar Untuk Memperbesar
Pada tahap ini kita akan riset berdasarkan kategori pada Google Trends. Bagi kamu yang ingin menjual produk kamu silahkan pilih Shopping. Sedangkan untuk para blogger silahkan gunakan default sebagai pemilih keseluruhan kategori.

Kembali ke List TOC



5. Riset Berdasarkan Waktu

Google Trends

Klik Gambar Untuk Memperbesar
Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, kita akan meriset menggunakan waktu.

Jika kamu yakin bahwa blog kamu mampu bersaing dengan artikel yang sudah ada pada pencarian google dengan DA yang lebih tinggi, silahkan gunakan keyword dengan tranding waktu 30 hari.

Jika tidak, gunakan waktu yang lebih sedikit dan hindari kompetitor raksasa sebagai sainganmu.

Kembali ke List TOC



6. Riset Sumber Wilayah

Google Trends

Klik Gambar Untuk Memperbesar
Jika kamu ingin menargetkan penjualanmu dengan daerah tertentu, maka riset dengan sumber wilayah ini sangat penting. Saya rekomendasikan kamu menggunakan ini. Akan tetapi jika kamu seorang blogger yang ingin artikelmu terkenal dan dibaca banyak orang ini tidak terlalu direkomendasikan.

Kembali ke List TOC



7. Keyword Google Trends

Pada tahap ini kamu sudah mendapatkan keyword yang paling sering dicari berdasarkan waktu yang kamu tentukan sebelumnya.
Google Trends

Klik Gambar Untuk Memperbesar
Perhatikan pada gambar berikut. Pada gambar diatas menunjukkan kamu memiliki 3 keyword yang lebih difokuskan pada pembahasan edit foto.

Dan perhatikan pula gambar berikut ini :
Google Trends

Klik Gambar Untuk Memperbesar
Pada gambar diatas kamu memiliki 5 keyword yang bisa kamu gunakan untuk membahas dan lebih difokuskan untuk edit foto menjadi video.

Kembali ke List TOC



Penutup

Kita telah membahas "Cara Riset Keyword Menggunakan Google Trends". Semoga postingan ini bermanfaat untuk kita semua.

Apakah kamu sudah membaca :
Pentingnya Penggunaan Email Profesional Dalam Bisnis
Cara Daftar Google News Untuk Blogger
Memasang Widget Recent Post Blogger
Embed Video Blogger Agar Responsive
Meningkatkan Kecepatan Blog Dengan Cloudflare
Perbedaan Visitor dan Unique Visitor Google Analytics
Menghilangkan URL ?m=1 Blogger
Membuat Press Release yang Baik dan Disukai Media
Membuat URL Sumber Otomatis Blogger
Membuat URL Shortener Dengan Javascript
Cara Menghapus Spam Backlinks
Mempercepat Loading Iklan Adsense Terbaru
Media Sosial Sebagai Peningkat Traffic Bisnis
Tutorial SEO Langkah Demi Langkah Untuk Pemula
Cara Membuat Strategi Konten
Rekomendasi SEO untuk YouTube
Bagaimana Menghindari Kesalahan Informasi SEO
Ebook Blogger Profesional, Adsense, FB Ads Serta SEO Terlengkap
10 Cara Menghasilkan Dari Blog Tanpa Google Adsense
Show comments
Hide comments

1 komentar

  1. Meriset kata kunci sebelum menulis dan menerbitkan artikel untuk blog memang penting apalagi blogging berkaitan dengan karya, ketenaran, manfaat, dan tentu saja, passive income 😁

    BalasHapus


EmoticonEmoticon