Membuat Press Release yang Baik dan Disukai Media |
Banyak dari para pebisnis yang tidak dapat mengeksekusi dengan baik kegiatan Press Release ini. Padahal kegiatan ini merupakan kegiatan yang cukup penting untuk mengenalkan produk ke publik.
Table of Content
Tiga Prinsip Penerbitan Press Release
Terapkan tiga prinsip (signifikan atau unik, relevan dengan pembaca, dan memberi nilai tambah) ini agar kamu dapat memahami pola pikir media ketika memilih berita dan meningkatkan kemungkinan siaran pers buatanmu diterbitkan oleh media.
1. Signifikan atau unik
Unsur paling penting dalam berita adalah artikel atau konten berita itu sendiri. Kamu harus bisa memposisikan di sebagai pembaca agar bisa tau bahwa artikel yang dibuat menarik dan dapat mendatangkan pengunjung untuk membaca. Berita yang berisi inovasi, pendanaan, acara besar, milestone perusahaan akan lebih diminati daripada pemberitahuan update aplikasi.
2. Relevan dengan pembaca
Setiap media massa yang sudah memiliki konsumen atau audiens tetap biasanya memiliki fokus bidang yang sesuai dengan audiens tersebut. Banyak siaran pers saat ini yang dikirim melalui email blast tanpa memerhatikan relevansinya. Cara ini lumrah dan boleh digunakan, tetapi akan lebih baik bila mengirimkan pesannya secara lebih personal dan terkostumisasi.
3. Memberi nilai tambah
Menulis siaran pers tentunya memiliki tujuan untuk mempromosikan produk suatu perusahaan. Gunakan tata bahasa yang baik dan tidak terlalu hard sell, karena press release atau siaran pers bukan sebuah slot iklan. Ubah tata bahasa penulisan agar pembaca lebih dapat memahami seperti manfaat sebuah produk, karena tulisan yang bermanfaat lebih menarik untuk dibaca dan diterbitkan.
Perlakukan Press Release seperti Artikel
Setelah kamu memahami prinsip berita yang disukai media, maka selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memikirkan teknis penulisan itu sendiri. Teknis yang harus kamu lakukan singkatnya adalah menganggap tulisan artikel seperti kamu sedang menulis artikel.
Buat Tulisan Yang Layak Di Copy Paste
Ada media yang menerbitkan press release dengan meng-copy paste artikel langsung dari sumbernya. Memang tidak semua media melakukannya, maka anggap dan pastikan tulisanmu itu siap untuk diterbitkan lengkap dengan judul dan dapat menarik perhatian.
Hemat Jargon dan Kata Sifat
Jangan menggunakan jargon terlalu banyak, bagi audiens yang spesifik mungkin mereka akan memahaminya. Akan tetapi bagi yang awam, jika terlalu banyak istilah akan bisa menyulitkan. Selain itu gunakan juga sedikit kata sifat ketika mempromosikan produk agar tidak terlalu hard sell. Jika bisa hindari kata sifat dan gunakan fakta, data, dan angka untuk menunjukkan kualitas yang kamu miliki.
Menggunakan Pernyataan Langsung
Menggunakan pernyataan langsung merupakan hal yang opsional atau tidak harus dilakukan. Tapi dengan adanya pernyataan langsung, berita akan lebih kredibel dan berbobot. Apalagi yang membawakan berita tersebut adalah orang yang dikenal di masyarakat atau memiliki figur penting bagi masyarakat. Berikut sebuah contoh pernyataan langsung dalam press release :
Contoh Press Release Pernyataan Langsung |
Mudahkan Akses Multimedia
Materi multimedia juga bukan merupakan yang harus dilakukan. Tidak semua media menggunakan gambar ataupun video pada artikel beritanya. Tapi, dengan adanya gambar atau video pada berita akan sangat membantu untuk mempercepat publikasi press release.
Sediakan Gambar Siap Pakai
Kecepatan Loading sebuah situs sangat mempengaruhi kenyamanan bagi pembaca. Sebaiknya gunakan gambar dengan resolusi tinggi dan jelas serta terkompresi. Jangan gunakan gambar buram karena tidak bisa digunakan.
Ukuran yang ideal untuk gambar adalah 720p atau 1080p dengan aspect 16:9. Usahakan gunakan gambar dengan orientasi horizontal, karena gambar dengan orientasi vertikal kurang baik walaupun sulit dihindari.
Akses Cepat Ke Video
Ada 2 (dua) buah saran untuk akses cepat video, yaitu dengan mengupload video dan menyertakan tautan pada youtube atau mengupload pada Dropbox/Google Drive lalu memberikan akses agar video dapat diunduh oleh media.
Kesimpulan
Untuk membuat press release yang baik dan disukai media memang butuh usaha. Yang harus di ingat bahwa pemilik produk dan media sama-sama saling membutuhkan. Dengan press release yang baik, perusahaan atau pemilik produk mendapatkan kuntungan dan media dapat menerbitkan berita dengan lebih cepat, akurat dan menarik.
0 Comments
Posting Komentar