Email Marketing

Email Marketing
Email Marketing
GoSEO.id - Email adalah salah satu fungsi pertama di internet dalam mengirimkan surat. Peran Email dari dulu sampai sekarang sangatlah penting dan belum tergantikan. Dan yang tidak bisa dipungkiri lagi email saat ini dan dimasa yang akan datang dalam dunia pemasaran atau yang disebut Email Marketing akan menjadi lebih inovatif disertai dengan halaman yang cantik serta balasan otomatis dan otomatisasi email.


Pengertian Email Marketing

Email marketing adalah mengedarkan produk atau target bisnis melalui email kepada konsumen. Konsumen yang menerima email marketing adalah konsumen yang belum membeli produk dan konsumen yang sudah menjadi pelanggan produk tersebut.

Kembali ke List TOC



Keuntungan Email Marketing

Email marketing memiliki berbagai keuntungan, dimulai dari cara mengiklan yang murah dibandingkan dengan cara lain, serta juga memiliki keuntungan dalam mengatur dan melacak kampanye pemasaran email.

Kembali ke List TOC



Cara Jitu Menggunakan Email Marketing

Email marketing biasanya berisi penawaran suatu produk ataupun jasa yang lengkap dengan informasi dan deskripsi produk tersebut. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk memarketingkan produk menggunakan email seperti direct, retention, atau menggunakan email orang lain untuk mempromosikan produk.

Untuk menggunakan email marketing ada beberapa catatan yang harus kita perhatikan agar dapat menarik perhatian dan mendapatkan feedback dari para calon konsumen. Berikut beberapa tips dari GoSEO, yaitu :
  1. Buat Judul Email Yang Menarik

    Mengapa judul menjadi hal yang utama yang harus diperhatikan?. Judul merupakan hal yang paling pertama kali dilihat oleh para konsumen. Oleh karena itu, judul harus dibuat semenarik mungkin, singkat, padat, dan jelas agar konsumen atau penerima email mengetahui tujuan dari email marketing yang kamu buat.
  2. Cek Alamat Email Yang Dituju

    Pastikan alamat email yang kamu tuju benar dan masih aktif. Sebaiknya dalam membuat daftar email, gunakan Microsoft Excel atau software lain. Hal ini penting dilakukan untuk mempermudah saat mengirim email ke banyak orang. Cara blast merupakan cara yang sangat praktis untuk mengirim email ke banyak orang yang dituju.
  3. Penulisan Yang Baik dan Benar

    Dalam penulisan email, kamu harus menggunakan bahasa yang baik dan benar. Guna memahami penyampaian ke email yang dituju. Jika penerima email adalah orang Indonesia, maka gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan EYD. Sebaiknya gunakan bahasa yang formal dan tidak kaku agar dapat dimengerti oleh penerima. Begitu pula sebaliknya, jika yang menerima adalah orang asing, maka gunakan bahasa Inggris sesuai dengan vocabulary yang benar. Pemilihan bahasa yang baik dan benar akan memberikan kesan yang baik bagi penerima email dan calon konsumen.
  4. Isi Email Harus Dapat Dimengerti Oleh Konsumen

    Selain bahasa, isi email juga menjadi salah satu yang wajib kamu perhatikan. Karena ini merupakan email marketing, maka isi email yang kamu buat harus berisi penjelasan tentang produk atau jasa yang akan kamu tawarkan. Penjelasan harus lengkap seperti kelebihan, manfaat, serta harga yang ditawarkan. Jangan lupa juga untuk mencantumkan kontak dan alamat dari usaha untuk meyakinkan para calon konsumen kamu.
  5. Perhatikan Waktu Pengiriman

    Waktu pengiriman yang tepat adalah jam 7 hingga sepuluh malam. Hal ini dikarenakan jam tersebut merupakan waktu produktif dan kemungkinan besar untuk dibaca oleh calon konsumen.
  6. Uji Email Sebelum Dikirimkan

    Sebelum kamu mengirim email, ada baiknya juga menguji email tersebut dengan mengirim ke email pribadi. Pastikan email yang kamu buat dapat dibuka oleh berbagai macam gadget.
Show comments
Hide comments

0 Comments

Posting Komentar