GoSEO.id - Google Display Network (GDN) merupakan cara lain untuk mengiklankan produk di Google AdWords. GDN bukan hanya menampilkan iklan di Search Network, melainkan dapat menampilkan iklan di seluruh jaringan internet.
Apa itu Google Display Network (GDN)? |
Table of Content
Apa Itu Google Display Network (GDN)?
Google Display Network atau yang disebut dengan GDN adalah iklan yang ditampilkan dalam bentuk display ads. Display Ads sendiri dapat berbentuk text, maupun bentuk visual seperti gambar, video, hingga GIF sekalipun.
Iklan GDN tidak hanya sebatas website saja, tetapi juga tampil pada aplikasi dan mobile games.
Keuntungan Google Display Network
Trus jika kita menggunakan GDN, apa saja sih keuntungannya?
Yuk simak keuntungan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan GDN.
1. Meningkatkan Brand Awareness
Dengan menggunakan GDN, kamu dapat meningkatkan Brand Awareness dengan menjangkau lebih dari 2 (dua) juta pengguna internet dan iklan muncul dimana - mana dimulai dari website, aplikasi dan mobile games sehingga orang-orang lebih mengenal produk yang kamu miliki.
2. Menarik Target Pasar dengan Visual
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Google Display Network dapat berbentuk iklan visual. Menurut penelitian bahwa iklan visual mampu menarik lebih banyak pengunjung dibandingkan iklan text biasa.
3. Berbagai Jenis Targeting
Banyaknya jenis targeting yang disediakan GDN membuat kamu dapat lebih leluasa menerapkan target strategi. Jenis targeting yang disediakan oleh GDN dimulai dari kebiasaan dan ketertarikan audiens, targeting umur dan gender, hingga menentukan situs mana saja yang akan menampilkan iklan.
4. Remarketing
Remarketing adalah proses menampilkan iklan kepada audiens yang pernah mengklik iklan akan tetapi belum audiens tersebut belum pernah melakukan pembelian. Remarketing ini berguna untuk mempertahankan buying intent calon pelanggan. Dan mungkin ini yang paling menarik untuk saya dalam keuntungan GDN.
Google Search Network Vs. Google Display Network
Seperti yang kamu ketahui, Google Ads memiliki 2 cara untuk mengiklankan produk atau bisnis kamu, yaitu Google Search Network yang beriklan di hasil pencarian dan Google Display Network (GDN) yang beriklan diseluruh jaringan internet.
Jika kamu kebingungan untuk menentukan cara beriklan pada Google Ads, maka simak 3 (tiga) hal berikut ini :
1. Budget
Jika kamu memiliki budget yang terbatas, kami menyarankan kamu untuk menggunakan Search Network. Mengapa? Karena iklan hasil pencarian terbukti lebih menghasilkan konfersi dari pada display ads.
Klik Gambar Untuk Memperbesar |
Seperti yang kamu lihat pada gambar diatas, Conversion rate dari search network lebih besar 2.70% dari pada display network yang sebesar 0.89% saja. Oleh karena itu Search Network jauh lebih cepat menghasilkan keuntungan bagi kamu sebelum kehabisan budget.
2. Jenis Produk
Jika kamu menjual produk yang dibutuhkan orang dengan segera, seperti hotel, dokter, tambal ban, obat dan lainnya sebagainya, maka memasang iklan di search network juga menjadi pilihan terbaik. Mengapa? Karena orang-orang tersebut memang sedang dan sangat membutuhkan produk tersebut. Jika mereka berniat, maka mereka berkemungkinan akan membeli dan menggunakan produk tersebut dengan segera, sehingga jika menggunakan search network maka kemungkinan terbesar orang-orang akan mengklik pada bagian teratas dan itu merupakan pilihan tercepat untuk mendapatkan informasi produk tersebut.
Sehingga GDN lebih cocok untuk produk yang tidak perlu digunakan secepatnya. Seperti handphone, laptop, mesin cuci dan lain sebagainya.
GDN sendiri lebih cocok untuk produk yang mempunyai tampilan menarik yang bisa menjual tampilan visual, seperti Villa tempat rekreasi, pakaian, properti dekorasi dan lain sebagainya.
3. Brand Awareness
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Google Display Network (GDN) merupakan cara terbaik untuk meningkatkan brand awareness. Karena iklan GDN dapat menjangkau pengguna internet dengan sangat luas.
Pengguna GDN tidak sebatas pada hasil pencarian saja. GDN dapat menjangkau website / situs-situs terkenal, hingga aplikasi dan mobile games.
Dengan menggunakan GDN, brand kamu akan jadi lebih familiar oleh pengguna internet / calon konsumen. Mereka akan tetap melihat iklan kamu walaupun belum pernah mendengar atau mencari tau mengenai brand tersebut di google.
Kesimpulan
Demikian pembahasan kita hari ini mengenai Google Display Network (GDN). Semoga artikel ini bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah ini. Jangan lupa pula untuk mengikuti kami dengan submit pada Newsletter untuk mendapatkan informasi dan tutorial bermanfaat seperti ini langsung ke email kamu.
0 Comments
Posting Komentar